Sabtu, 07 Mei 2011

Tim Pelatnas Basket Putra Dilatih Legenda NBA


Pemain pelatnas basket putra mendapatkan kesempatan untuk menimba ilmu dari salah seorang legenda NBA yakni Ron Harper dalam kegiatan Indonesia Development Camp yang digelar mulai 9 Mei mendatang.

Indonesia Development Camp ketiga yang diadakan oleh National Basketball Association (NBA), tahun ini digelar mulai 9 Mei 2011 di Senayan Trade Center (STC) Basketball Hall Jakarta. Camp yang akan diselenggarakan hingga 12 Mei ini akan menampilkan NBA Legend dan lima kali peraih NBA Champion Ron Harper, bersama Asisten Pelatih/Basketball Development dari Toronto Raptors Eric Hughes.

Harper memenangkan tiga gelar NBA bersama Chicago Bulls (1996-1998) dan dua gelar bersama Los Angeles Lakers (2000-01). Setelah terpilih masuk dalam tim All-Rookie di musim perdananya pada 1987, Harper berkarier di NBA dengan catatan 122 kali bertanding di pertandingan playoff, dimana dia membukukan rata-rata 9 poin, 3,7 rebound, dan 2,7 asisst.

Indonesia Development Camp sendiri didesain untuk memenuhi kebutuhan pelatihan basket kelas dunia pemain-pemain elite Indonesia dan akan diadakan untuk kali pertama di Jakarta. Sebelumnya, camp ini pernah diadakan di Surabaya (2009) dan Bandung (2010).

Sebanyak 18 pemain yang mengikuti program Pelatihan Nasional (Pelatnas) Putra Bola Basket Indonesia akan mengikuti drill yang sangat intensif di lapangan, serta melakoni sejumlah pertandingan. Mereka juga akan mengikuti berbagai aktivitas off-court seperti kekuatan fisik dan penyesuaian diri (conditioning), pelatihan mental, dan pencegahan cedera.

Tim pelatih Timnas Putra Bola Basket Indonesia akan juga berpartisipasi dalam sesi-sesi yang difokuskan pada strategi dan filosofi permainan. Indonesia Development Camp akan menjadi salah satu program utama dalam persiapan menjelang South East Asia (SEA) Games XXVI di Indonesia pada November.

”Perkembangan basket di Indonesia yang mengesankan ini didukung pula oleh support para partner kami, termasuk Bakrie Kalila Investment, yang membantu kami memberikan anak-anak kesempatan untuk menikmati permainan basket,” ujar Scott Levy, senior vice president and managing director NBA Asia dalam siaran pers yang diterima detikSport, Jumat (6/5/2011) sore WIB.

”Di waktu yang bersamaan, program seperti Indonesia Development Camp ini juga menitikberatkan pada perkembangan penampilan pemain elite dan liga lokal di kelas internasional.”

Event pertama NBA di Indonesia diadakan pada 2008, ketika forward Indiana Pacers Danny Granger mengadakan klinik basket untuk para pemain pelajar pada laga final DetEksi Basketball League (sekarang Development Basketball League) di Surabaya.

NBA kembali pada tahun 2009 dengan Indonesia Development Camp, sebuah camp untuk 48 pemain pelajar terbaik Indonesia, di DBL Arena. Guard Houston Rockets Kevin Martin, Asisten Pelatih Cleveland Cavaliers Joe Prunty, serta mantan Asisten Pelatih Los Angeles Clippers Neal Meyer, berperan sebagai pelatih camp. Tahun lalu, NBA menyelenggarakan camp di Bandung bersama NBA Legend Detlef Schrempf, yang melatih 40 bintang basket paling menjanjikan National Basketball League (NBL) Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar